Promo! Like Facebook Page kami dan Dapatkan kesempatan untuk memenangkan Undian Berhadiah Menarik

Klik di sini

Sabtu, 29 Maret 2014

PELANGGAN BAYANGAN

Perusahaan tidak dapat menggunakan tingkat keluhan sebagai ukuran kepuasan pelanggan. Perusahaan yang responsif mengukur kepuasan pelanggan dengan mengadakan survei berkala, yaitu dengan mengirimkan daftar pertanyaan atau menelpon secara acak dari pelanggan untuk mengetahui perasaan mereka terhadap berbagai kinerja perusahaan. Selain itu juga dapat ditanyakan kinerja dari perusahaan saingannya.

Eratnya hubungan antara loyalitas / kepuasan pelanggan dengan keuntungan yang didapat dari suatu perusahaan / instansi  sangatlah penting.Oleh karena itu peranan pelanggan sangatlah ‘crusial’ sehingga diperlukan pengukuran kepuasan pelanggan agar dapat diketahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap jasa yang kita kelola.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam pengukuran kepuasan pelanggan, diantaranya adalah :

Sistem keluhan dan saran
    Sebuah perusahaan yang berfokus pada pelanggan mempermudah pelanggannya untuk memberikan saran, pendapat dan keluhan mereka. Media yang di gunakan meliputi kotak saran yang di letakkan di tempat-tempat strategis,saluran telepon khusus dan sebagainya. Tetapi karena metode ini cenderung pasif, maka sulit mendapatkan gambaran lengkap mengenai kepuasan dan tidak kepuasan pelanggan.Tidak semua pelanggan yang tidak puas lantas akan menyampaikan keluhannya. Bisa saja mereka langsung beralih ke perusahaan lain dan tidak akan menjadi pelanggan perusahaan tersebut lagi.

Pelanggan bayangan
     Metode ini dilaksanakan dengan cara memperkerjakan beberapa orang (ghost shopper) untuk berperan atau bersikap sebagai pelanggan potensial produk perusahaan dan pesaing. Lalu ghost shopper tersebut menyampaikan temuan-temuannya mengenai kekuatan dan kelemahan produk perusahaan pesaing berdasarkan pengalaman mereka dalam pembelian produk-produk tersebut.
 
Analisis pelanggan yang beralih
     Pihak perusahaan berusaha meng
hubungi para pelanggannya yang sudah
berhenti menjadi pelanggan atau beralih ke perusahaan lain.Yang di harapkan adalah memperoleh informasi bagi perusahaan untuk mengambil kebijakan selanjutnya dalam rangka meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Dengan mengagendakan program pengukuran kepuasan konsumen secara periodik akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, dan tingkat kepuasan pelanggan yang lebih besar.

    AlatSurveyPelanggan.com merupakan solusi tepat sebagai media digital untuk mengetahui dan menganalisa data survey kepuasan pelanggan.

Alat Survey Kepuasan pelanggan adalah kebutuhan penting untuk kelangsungan berkembangnya bisnis Cara terbaik mengetahui apakah pelanggan puas atau tidak puas adalah dengan meminta pendapatnya tentang produk dan jasa Anda, apa yang paling penting bagi mereka, dan kemudian melakukan perbaikan di sisi mana yang memiliki dampak terbesar pada kepuasan pelanggan.

   Dalam jangka panjang, akan lebih menguntungkan mempertahankan pelanggan yang loyal daripada terus menerus menarik dan membina pelanggan baru untuk menggantikan pelanggan yang pergi.

Pelanggan yang sangat puas akan menyebarkan cerita positif dari mulut ke mulut dan malah akan menjadi iklan berjalan bagi suatu perusahaan, yang tentunya akan menurunkan biaya untuk menarik pelanggan baru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar